Kondensor dan Katup Ekspansi sangat berguna pada ac mobil

Kondensor merupakan alat pelepas panas pada proses AC mobil, jika kondensor memiliki masalah mampu dipastikan proses pelepasan panas refrigerant berasal dari kompresor akan terhambat, supaya kerja pada ac mobil cepat panas   tidak maksimal. Adapun persoalan yang umum terjadi pada anggota kondensor sebagai berikut.

Permukaan kondensor tertutup debu, supaya proses pendinginan refrigerant pada  kondensor bersama dengan air dan disikat bersama dengan sikat halus, namun harus hati-hati supaya tidak merusak kondensor.

Adanya kebocoran refrigerant pada anggota pipa lanjutan diakibatkan oleh karat dan kotoran yang menempel. Bersihkan secara berkala dan menyimak jika tersedia kebocoran pada lanjutan pipa dan anggota lainnya.

Motor kipas kondensor tidak berputar atau putarannya tidak normal. Lakukan perbaikan motor kipas hingga putarannya kembali normal.

Dilihat berasal dari fungsinya, katup ekspansi merupakan alat pengkabut  cairan refrigerant berasal dari kondensor. Dengan tekanan yang terlalu tinggi refrigerant disemprotkan oleh katup ekspansi supaya turunkan tekanan dan temperatur refrigerant pun jadi dingin. Banyaknya cairan refrigerant yang dikabutkan oleh katup ekspansi terkait berasal dari sensor(bulb) yang berada di di dalam evaporator, supaya cairan yang dikabutkan selalu di dalam situasi standar cocok keperluan pendinginan evaporator. Adapun masalah-masalah yang sering terjadi pada katup ekspansi sebagai berikut.

Sensor(bulb) terlepas berasal dari dudukannya, supaya kerja katup ekspansi tidak normal. kebolehan pendinginan AC mobil.

Lubang penyemprotan katup ekspansi terlalu renggang, supaya cairan refrigerant yang dikabutkan terlalu banyak dan membawa dampak tekanan refrigerant pada evaporator terlalu tinggi. Akibatnya kebolehan pendinginan AC mobil jadi berkurang. Untuk mengatasinya, sebaiknya ubah katup ekspansi.

Gas pada pipa sensor(capillary bulb) katup ekspansi bocor, supaya sensor tidak mampu bekerja. Hal ini mampu membawa dampak refrigerant yang dikabutkan ke evaporator jadi berkurang, tekanan refrigerant di evaporator jadi terlalu rendah, dan membawa dampak kebolehan pendinginan AC  mobil berkurang. Agar kembali normal, sebaiknya ubah katup ekspansi.

Lubang penyemprotan katup ekspansi yang berfaedah mengkabutkan refrigerant tersumbat, supaya refrigerant tersumbat, supaya refrigerant yang sukses di kabutkan hanya sedikit. Ini akan berpengaruh pada kebolehan pendinginan. Selain itu, mampu mengakibatkan bunga es (frozen) pada pipa cairan refrigerant sebelum saat masuk ke evaporator. Untuk mengatasinya, bersihkan katup ekspansi.